Teh hijau menjadi salah satu minuman favorit di Asia dari zaman dahulu. Tidak heran, hal ini membuat penasaran para peneliti, mengapa minuman ini sering dikonsumsi dan apa saja manfaat the ini untuk kesehatan tubuh.

manfaat teh hijau untuk kesehatan

Hasilnya, teh ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta kafein yang rendah. Selain itu, teh hijau juga mengandung zat katekin yang nyatanya ampuh melawan radikal bebas dan mendorong perbaikan sel tubuh yang rusak. Selain itu, minum teh hijau secara rutin juga mampu mencegah penyakit dan menenangkan pikiran karena ada senyawa polifenol dan flavonoid.

Lalu, apa saja manfaat teh hijau untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui? Berikut ulasannya.

Baca juga : Manfaat daging buah kelapa untuk kesehatan dan mencegah penyakit

1.Mengatur gula darah.

Teh hijau sudah lama dimanfaatkan oleh dunia pengobatan cina untuk mengobati berbagai penyakit. Pasalnya, salah satu senyawa dalam teh hijau yakni mangan, mampu mengatur tekanan gula darah. Hal ini tentu bermanfaat bagi tubuh karena kadar gula darah dalam tubuh harus seimbang agar tidak muncul penyakit atau membuat tubuh lemas.

2.Mengurangi lemak tubuh.

Untuk Anda yang sedang ingin mengurangi berat badan, minum teh hijau secara rutin ternyata sangat bermanfaat. Hal ini terjadi karena kandungan kafein dalam teh mampu memperlancar proses pembakaran lemak tubuh.

Dengan demikian berat badan akan berkurang karena lemak terbakar lebih baik dan lebih cepat. Dalam sebuah peneletian bahkan disebutkan bahwa setiap secangkir teh hijau 150 ml dapat membakar 25 – 30 kalori, dan sebotol teh hijau 250 ml mampu membakar 40 kalori. Tentu untuk mendapatkan hasil pengurangan berat badan yang optimal, Anda tetap wajib berolahraga dan mengatur pola makan selain minum teh.

3.Mencegah kanker.

Manfaat teh hijau yang tidak boleh diremehkan ialah untuk mencegah kanker. Seperti yang diketahui teh ini memiliki zat antioksidan yang tinggi. Zat ini bahkan lebih baik daripada zat yang sama di vitamin E. Dengan zat antioksidan ini, sel dalam tubuh lebih segar dan terhindar dari zat kanker.

4.Mengcegah penyakit jantung.

Kegunaan teh hijau lainnya ialah mampu mencegah kerusakan dalam organ – organ penting seperti jantung dan otak. Kandungan zat – zat dalam teh ini bahkan mampu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Lebih hebatnya lagi, teh hijau mampu membersihkan saluran darah sehingga peredaran darah tidak terhambat dan  tekanan darah lebih stabil.

Baca juga : Manfaat daun kelor untuk membasmi Kolesterol berlebihan

5.Mengurangi rasa stress.

Sudah sejak lama, teh hijau digunakan untuk menenangkan diri. Adanya kandungan zat L Teanin dalam memberikan efek relaksasi dan mengurangi rasa stress yang Anda alami. Zat ini sama dengan yang terdapat pada coklat. Menariknya, zat ini mampu meningkatkan daya ingat dan mencegah kepikunan.

6.Tubuh lebih awet muda dan segar.

Hadirnya zat antioksidan dalam teh hijau memang memberikan manfaat yang besar. Zat ini mampu menghalangi radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini. Selain itu, adanya kandungan kafein juga bermanfaat untuk menyegarkan tubuh. Tidak heran saat teh hijau dikonsumsi dalam kondisi lelah dapat mengembalikan kesegaran tubuh.

7.Menyehatkan kulit.

Manfaat the hijau berikutnya ialah mampu menyehatkan kulit, baik kulit wajah mapun kulit tubuh. Hal ini disebabkan dalam teh hijau ada berbagai zat termasuk zat antioksidan yang mampu mencerahkan kulit dan mengencangkan kulit. Bahkan manfaat teh hijau juga mampu membantu mencegah kanker kulit. Pada bagian wajah, teh hijau mampu mencegah jerawat dan kulit berminyak.

Dengan sejumlah manfaat teh hijau tersebut, tidak ada salahnya Anda mulai rajin mengonsumsi teh dari sekarang. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here