Kolesterol merupakan zat yang ada di hampir semua bagian tubuh, zat ini berbentuk seperti lemak. Sebagian besar dari kita mungkin saja menganggap bahwa kolesterol itu buruk dan tidak mempunyai manfaat baik bagi tubuh, namun pada kenyataannya tubuh juga memerlukan kolesterol. Kolesterol membantu tubuh dalam pembentukan beberapa hormon, diantaranya adalah pembentukan hormon testoteron, estrogen dan kortisol.

daun kelor

Walaupun tubuh kita membutuhkan kolesterol, tapi kadar kolesterol pun juga harus dijaga dalam batas tertentu. Karena apabila kolesterol terlalu banyak dalam tubuh juga akan mengakibatkan dampak yang buruk bagi tubuh. Kelebihan kolesterol dalam tubuh akan menyebabkan beberapa penyakit seperti stroke dan penyakit jantung.

Ada dua jenis kolesterol yang perlu anda ketahui, yaitu :

Sebelum kita membahas lebih jauh tidak salahnya kita mengtahui jenis kolestrol apa saja yang ada dalam tubuh kita.

Baca juga : Buah-buahan pencegah Kanker yang wajib kamu ketahui

1.Low Density Lipoprotein (LDL).

LDL adalah jenis yang sering disebut sebagai kolesterol jahat, disebut demikian karena apabila jumlah LDL dalam tubuh berada diatas batas normal akan menyebabkan tertutupnya arteri dan terjadi penyumbatan pada aliran darah. Batas normal LDL dalam tubuh adalah antara 60% – 70% saja. Bila sudah diatas angka normal, maka anda perlu melakukan diet rendah kolesterol, yaitu mengurangi bahkan menghindari sama sekali makanan berkolesterol.

2.High Density Lipoprotein (HDL).

Berbeda dengan LDL, kolesterol yang satu ini dianggap aman berada dalam tubuh dalam jumlah yang banyak. Tugas HDL adalah untuk membersihkan arteri dari plak-plak LDL, membawanya kembali ke hati untuk di daur ulang. Kandungan HDL adalah protein, tidak seperti LDL yang mengandung banyak lemak.

Tubuh kita dapat menghasilkan kolesterol sendiri, kolesterol dalam tubuh dibuat di hati dan kemudian disalurkan melalui pembuluh arteri. Namun jumlah yang dihasilkan oleh tubuh sangatlah sedikit. Kebutuhan kolesterol dalam tubuh dicukupi melalui konsumsi makanan yang mengandung kolesterol, seperti makanan hewani.

Konsumsi makanan dari sumber hewani akan membantu dalam mencukupi kebutuhan kolesterol dalam tubuh. Jerohan hewan seperti : hati, empedu, limpa, jantung, paru, babat merupakan sumber tinggi kolesterol. Namun konsumsi jerohan harus sangat dihindari apabila jumlah kolesterol anda mulai tinggi.

Jumlah kolesterol yang terlalu banyak dalam tubuh tidaklah baik, hal ini dikarenakan kolesterol yang banyak akan menyumbat pembuluh arteri yang menyebabkan sirkulasi darah dari dan ke jantung tidak lancar. Bila dibiarkan terus menerus maka akan menyebabkan penyakit jantung hingga stroke.
Untuk menghindari terjadinya penyakit yang lebih berbahaya, sebaiknya kita mulai menjaga pola makan dan mengubah pola hidup menjadi lebih baik. Kurangi mengkonsumsi gorengan dan makanan tinggi kolesterol. Biasakan olahraga dan latihan tubuh setiap hari agar lemak terbakar menjadi energi, bukan malah mengendap di pembuluh arteri.

Baca juga : Manfaat buah Strawberry bagi kesehatan tubuh 

Manfaat daun Kelor

Bagi anda yang mengalami kolesterol tinggi, cobalah untuk mengkonsumsi daun kelor untuk membantu menurunkan kadar kolesterol anda. Daun kelor bisa dikonsumsi sebagai sayur dan juga diseduh sebagai teh daun kelor.

Kandungan Acetogenins dan Adriamycin pada daun kelor sudah terbukti ampuh untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Cara penggunaan daun kelor untuk menurunkan kolesterol-pun sangat sederhana. Anda bisa menjadikannya sebagai sayur, caranya : rebus daun kelor, tambahkan sayuran lainnya seperti wortel dan kacang panjang, tambahkan sedikit gula dan garam.

Selain itu anda bisa menggunakan daun kelor sebagai obat herbal (teh herbal). Dengan cara mengeringkan daun kelor dengan cara dijemur atau di oven. Simpan daun kelor kering dalam toples kedap udara. Ambil daun kelor yang sudah kering secukupnya lalu seduh dengan air panas. Anda bisa meminumnya setiap hari untuk menjaga kadar kolesterol.

Bisa juga anda merebus langsung daun kelor dan minum air rebusan daun kelor sebagai obat penurun kolesterol. Lakukan tiga kali seminggu. Dan pastikan setiap kali anda merebus gunakan daun kelor yang baru. Jangan merebus daun kelor berkali-kali, karena manfaatnya akan sudah hilang.

Nah, mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, ternyata daun kelor yang biasanya disayur banyak khasiat yang terkandung didalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here