Manfaat buah timun suri – Timun suri merupakan suatu buah yang biasanya banyak dijumpai pada bulan puasa, buah yang memiliki bentuk buah bulat besar memanjang ini memiliki rasa yang manis dan sangat cocok bagi lidah orang Indonesia.
Buah timun suri biasanya diolah untuk dijadikan campuran es buah, aromanya yang khas dapat memancing siapa saja untuk memakannya.

Manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh
Bentuk buah timun suri ini memiliki kemiripan dengan buah labu karena bentuk buah timun ini adalah bulat besar dan agak panjang menyerupai buah labu, warnanya pun hampir memiliki kemiripan.
Selain rasanya yang manis dan enak, buah timun suri ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat buah timun suri untuk kesehatan yang telah berhasil dirangkum.

Manfaat Buah Timun Suri Untuk Kesehatan

1. Memperlembut Kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah timun suri dapat mendorong produksi kolagen, kolagen ini dapat membantu kulit agar tetap lembut dan elastis. Tentu saja memiliki kulit yang lembut dan elastis merupakan impian para kaum wanita, karena dari tampilan kulit yang terjaga maka akan membuat seorang wanita akan terlihat lebih percaya diri dan terlihat memukau oleh siapa saja.
Untuk mendapatkan kulit yang lembut maka diperlukan untuk mengonsumsi makanan yang berkhasiat untuk kesehatan kulit, salah satunya adalah menonsumsi buah timun suri secara teratur dan sesuai takaran. Proses pengolahannya juga harus benar untuk menghindari terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.

Baca juga : Manfaat Jus Belimbing yang Perlu kamu tahu


2. Menurunkan Kadar Gula Dalam Tubuh

Kandungan gula alami yang terdapat pada buah timun suri sangat baik bagi kesehatan, terutama bagi yang memiliki kadar gula tinggi dalam darah.
Mereka yang memiliki kadar gula tinggi juga sering disebut penderita Diabetes. Bila anda, kerabat, atau saudara sedang menderita Diabetes maka dapat dianjurkan untuk mengonsumsi buah timun suri ini karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan cepat.
Buah timun suri mengandung zat fruktosa dan glukosa yang dapat menekan kadar gula dalam darah dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, zat ini dapat mengubah zat gula yang terdapat pada tubuh untuk menjadi energi tambahan.
3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kandungan senyawa asam linoleat yang terkandung dalam buah timun suri dapat membantu tubuh agar dapat terhindar dari resiko terkena penyakit jantung, senyawa ini akan berubah menjadi senyawa antioksidan yang berfungsi untuk membasmi semua radikal bebas penyebab sakit jantung dalam tubuh.
Senyawa asam linoleat ini juga dapat melindungi tubuh dari racun dan dan kolesterol penyebab terjadinya penyakit jantung, hal ini terungkap karena terdapat sebuah penelitian yang diadakan untuk mengetahui cara mengurangi resiko terhadap penyakit jantung oleh beberapa ilmuan dan mereka menemukan buah timun suri merupakan salah satu buah yang dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Buah timun suri memiliki kandungan serat larut halus yang dapat berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan pada tubuh, seperti yang kita tahu bahwa serat sangat baik bagi sistem pencernaan terutama bagi yang sering menglami masalah terhadap salah satu sistem ekskresi tersebut.
5. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Kadar kolesterol dalam tubuh yang terlalu tinggi sangat tidak baik bagi tubuh manusia, kolesterol dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke.

Baca juga : Cara menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis – dengan mudah

Dengan menonsumsi buah timun suri akan membantu kadar kolesterol dalam tubuh dapat menurun hingga 32 persen, ini akan membantu tubuh terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here