Buah buah untuk penambah darah – Anemia atau penyakit kekurangan darah biasanya akan dialami oleh orang yang terlalu sering bergadang dan kurangnya mendapatkan asupan zat besi, ciri – ciri dari orang yang terkena anemia atau kekurangan darah adalah lemas, wajah terlihat pucat, dan kurangnya nafsu makan.

Asupan zat besi sangat diperlukan oleh tubuh manusia untuk memproduksi sel darah merah dan mengatasi kekurangan darah, banyak orang yang mengira bahwa zat besi hanya dikandung pada sayur sayuran saja.

Tetapi faktanya adalah buah – buahan ternyata memiliki kandungan zat besi bahkan lebih tinggi dari sayur – sayuran, lalu buah – buahan apa saja?

Buahan penambah darah

Berikut adalah buah buah untuk penambah darah yang telah berhasil dirangkum.


1. Buah Mulberry

Buah mulberry merupakan salah satu buah yang memiliki bentuk yang kecil dan manis, buah ini sangat mudah untuk dijumpai di Indonesia.
Selain memiliki rasa buah yang manis, ternyata buah mulberry ini memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi.

Dalam 100 gram buah mullberry saja telah memiliki kandungan zar besi sebanyak 1.7 mg, ini akan membantu dalam mempercepat menghilangkan anemia atau kekurangan darah.

Baca juga : Cara menghilangkan Minyak di Wajah

2. Buah Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang sering digunakan untuk mengobati demam berdarah, namun siapa sangka buah jambu biji ini memiliki kandungan zat besi. Adapun beberapa kandungan vitamin dalam buah ini seperti Vitamin C, B1, dan Vitamin A.

3. Buah Akpukat 

Buah alpukan biasanya dimanfaatkan untuk dijadikan jus penghilang rasa dahaga, selain itu buah yang memiliki warna kulit hijau ini juga sering digunakan sebagai masker wajah.

Buah alpukat ini memiliki kandungan zat besi, kalsium, fosfor, vitamin c dan a, serta B1.

4. Buah Kurma

Buah yany memiliki bentuk lonjong dan bewarna hitam kecoklatan ini merupakan suatu jenis buah yang dikenal banyak tumbuh di Arab Saudi.

Buah ini memiliki ukuran 3 – 7 cm dan berdiameter 2 – 3 cm, buah kurma dikelompokan menjadi tiga buah golongan yaitu lunak (contohnya ‘Barhee’, ‘Halaw’, ‘Khadrawy’, ‘Medjool’), semi-kering (contohnya ‘Dayri’, ‘Deglet Noor’, ‘Zahidi’) dan kering (contohnya ‘Thoory’).

Buah kurma ini memiliki kandungan fruktosa, glukosa, sukrosa dan juga memiliki kandungan zat bezi yang dapat mencegah anemia.

5. Manisan Tomat

Manisan tomat bukanlah merupakan buah, manisan ini merupakan hasil olahan dari buah tomat itu sendiri. Ternyata kandungan zat besi pada manisan tomat cukup tinggi, dalam 100 gram manisan tomat dapat mengandung sebanyak 18 mg zat besi.

Baca juga : Memulai Tips Pola Hidup Sehat Sederhana

Namun manisan tomat jarang dan agak sulit untuk ditemukan, namun jangan khawatir karena anda dapat membuat manisan tomat sendiri. Bagaimanakah caranya? Berikut adalah cara membuat manisan tomat.

  – sediakan beberapa buah tomat secukupnya
  – cucilah semua buah tomat sampai bersih
  – lalu potonglah semua buah tomat menjadi 2 buah bagian
  – peraslah semua tomat agar semua bijinya dapat keluar
  – setelah bijinya keluar, lalu potonglah semua tomat menjadi beberapa bagian kecil
  – bila sudah selesai maka ovenlah buah tomat yang sudah dipotong kecil tadi dengan suhu 95 derajat
  – setelah tekstur tomat sedikit mengeras lalu angkatlah

Dan manisan tomat sudah siap untuk disajikan, untuk mempertahankan manisan tomat agar lebih awet maka anda dapat memasukannya kedalam sebuah kaleng maupun pembungkus makanan yang sudah steril.

Nah, mungkin hanya itu artikel kali ini tentang Buah-buahan Untuk Menaikkan Tensi Darah, ternyata banyak sekali buah-buahan yang bisa menambahkan tensi darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here