Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan – Diantara pasti masih banyak yang belum mengenal nama bawang dayak. Bawang dayak dalam bahasa ilmiah juga disebut dengan istilah Eleutherin Bulbosa. Menurut beberapa sumber, bawang dayak atau yang juga oleh masyarakat kita biasa disebut bawang seberang ini berasal dari dataran tinggi atau pegunungan di Amerika.

Bawang daya akan bisa tumuh subur di daerah-daerah yang bersuhu rendah, dan memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Kandungan dari bawang dayak ini tak jauh berbeda dengan jenis bawang sejenis. Dari kandung zat senyawa inilah yang menimbulkan manfaat bawang dayak untuk kesehatan tubuh.

Bawang dayak bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita

Manfaat Bawang Dayak

Banyak dari kalangan ahli kesehatan yang telah melakukan rentetan enelitian untuk bawang dayak atau bawang seberang ini. Studi yang mereka lakukan memberikan satu fakta bahwa dalam bawang dayak terkandung senyawa aktif yang sangat positif bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya ialah senyawa alkaloid, Fenolik, Flavonoid, Glikosida, Saponin, Steroid, Tanin serta, senyawa triterfenoid. Dari semua zat yang ada di dalam bawang dayak ini bersifat sebagai sebuah antioksidan yang dapat mempertebal sistem imun dalam tubuh.

Baca juga : Manfaat daun Kersen untuk Kolesterol dan Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang dayak untuk kesehatan yang telah kami kumpulkan berdasarkan fakta dan dari banyak referensi konten kesehatan.

1. Anti Bakteri

Zat bioaktif yang terkandung dalam satu ruas bawang dayak memiliki sifat positif yang bisa membantupenjagaan kesehatan tubuh, yakni sebagai antivirus, anti bakteri dan anti mikroba. Ditambah lagi dengan antioksidan yang dihasilkan dari bawang putih, membuat beteng pertahanan imun dalam tubuh semakin ketat.

2. Menurunkan Lemak dan Kolesterol Tinggi

Lemak dan kolesterol tinggi adalah salah satu pemicu terjadinya gangguan kesehatan berupa jantung koroner dan penyakit arteri. Tapi dengan mnegkonsumsi bawang dayak, diri kalian akan terhindar dari penyakit tersebut.

3. Mengatasi Penyakit Hepatitis

Salah satu penyakit berbahaya yang menjadi penyebab terbesar timbulnya kanker hati hingga gagal hati. Hepatitis ini bisa diderita oleh manusia karena serangan virus terhadap organ hati. Bawang dayak juga bisa menjadi salah satu terapi obat herbal untuk mengatasi penyakit hepatitis yang sangat berbahaya dan menular ini.

4. Mencegah Asam Urat, Ambeien, dan Radang Prostat

Selain sebagai antioksidan dan anti bakteri, bawang dayak juga memilik sifat sebagai anti radang, yang mana ini dapat membantu sedikit meredakan rasa sakit yang dirasakan pada penderita radang sendi (asam urat), maupun ambeien dan radang prostat.

5. Tuberkolosis

Tuberkolosis juga termasuk penyakit berbahaya yang menular. Penyakit ini disebabkan adanya infeksi pada bagian paru yang terjadi karena serangan bakteri micobakteria. Untuk menyembuhkan penyakit ini, seseorang perlu meningkatkan daya tahan tubuhnya terhadap infeksi kuman dengan meminum berbagai resep obat TBC, selain itu bawang dayak juga bisa membantu mempercepat proses pengembalian daya tahan tubuh yang hilang.

Baca juga : Manfaat Jus Alpukat Buat Ibu Hamil dan Kesehatan

6. Obat Amandel

Kandungan flavonoid yang ada pada bawang dayak juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati amandel. Dimana amandel adalah sebuah penyakit yang juga terjadi akibat virus. Gangguan kesehatan yang akan dirasakan oleh para penderita amandel biasanya adalah sakit pada tenggorokan, telinga, batuk berkepanjangan, dengan, sakit kepala hebat, dll. Amandel yang tidak segera mendapat penanganan semakin lama akan semakin membesar dan menyebabkan rasa sakit yang hebat di tenggorakan terutama saat digunakan untuk menelan makanan atau minuman.

Nah, sobat pembaca! Itulah tadi beberapa manfaat bawang dayak utnuk kesehatan yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here