Alpukat merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi. Pasalnya, buah ini memiliki rasa yang unik dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah yang memiliki kulit berwarna hijau tua dengan daging yang berbentuk mentega ini bahkan sering dikonsumsi sebagai jus karena kelezatannya.

Manfaat Jus Alpukat Buat Ibu Hamil dan Kesehatan

Buah alpukat banyak sekali terjual di pasaran, yang sangat mudah sekali untuk sobat cari karena buah ini sering sekali berbuah dan buahnya juga sangat banyak sekali dalam satu pohon. Bagi soabat yang ingin membuat jus alpukat sobat harus memilih alpukat yang lebih tua dan matang, bila sobat membeli alpukat yang sudah matang tapi alpukat tersebut belum tua maka daging alpukat dibagian bijinya akan nampak rusak. Buah alpukat yang sudah dipanen dari pohon kita diamkan saja dalam bungkusan karung keesokan harian juga buah tersebut akan matang sendiri, maka dari itu buah alpukat tidak bisa bertahan lama.

Buah alpukat bila kita makan dalam keadaan belum dikasih pemanis seperti susu rasanya kurang lezat, rasanya nampak aneh, tetapi bila sobat membuat jus alpukat tersebut seperti jus yang terjual di lesehan, rumah makan bakal ketagihan.Ternyata mengonsumsi jus alpukat secara rutin sangat bermanfaat untuk tubuh. Mau tahu apa saja manfaat jus alpukat? Simak ulasanya dibawah ini.

1.Memberikan energi

Buah alpukat memiliki jumlah kalori yang tinggi. Nah, dengan ditambahnya gula dalam pembuatan jus alpukat, maka kamu akan mendapat kalori yang tinggi. Kalori ini akan menjadi energi yang bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Kamu juga bisa memanfaatkan jus alpukat sebagai cemilan sehat yang mengenyangkan.

2.Mencegah kanker

menariknya 77% kalori alpukat berasal dari lemak. Untungnya, lemak tersebut merupakan lemat sehat yang dibutuhkan tubuh. Lemak sehat ini ada yang berupa asam oleat. Kandungan ini kabarnya bisa mencegah kanker.

3.Mengurangi kolesterol  dan nilai trigliserida

Penyakit jantung masih menjadi penyakit yang mematikan di dunia ini. Penyakit ini timbul disebabkan tingginya nilai kolesterol dan trigliserida. Menariknya, dengan rajin mengonsumsi jus alpukat bisa mengurangi kadar kolesterol LDL sampai 22% dan nilai trigliserida sampai 20%. Jadi jus alpukan juga bisa menyehatkan jantungmu.

4.Membantu diet

Untuk kamu yang sedang mengikuti program diet bisa memanfaatkan jus alpukat sebagai menu. Pasalnya jus ini mengandung vitamin dan nutrisi yang tinggi. Tidak hanya itu, alpukat juga kaya akan serat, protein dan mineral sehingga akan cukup mengenyangkan. Tidak heran, jus alpukat sering direkomendasi untuk program diet maupun membentuk tubuh.

5.Menyehatkan kulit

buah alpukat mengandung vitamin E yang tinggi. Nah, kandungan ini bisa membantu menyehatkan kulit dari dalam. Rutin meminum jus alpukat pun membuat kulit lebih lembab, kulit lebih cerah, mengangkat sel kulit mati hingga menjaga kehalusan kulit. Selain diminum, jus alpukat terkadang sering dijadikan bahan untuk luluran tubuh atau masker wajah.

6.Menyehatkan mata

Dalam buah alpukat terdapat kandungan Lutein dan Zeaxantin yang penting untuk kesehatan mata. Zata ini bahkan telah terbukti mampu mengurangi resiko katarak dan degenerasi makular. Maka mengonsumsi secara rutin jus alpukat akan menyehatkan mata kamu.

7.Mengcegah cacat pada janin

Buah alpukat memiliki kandungan asam folat yang penting untuk pertumbuhan janin. Untuk itu para ibu hamil disarankan untuk rajin mengonsumsi jus alpukat untuk mengoptimalkan perkembangan janin. Tidak heran, folat mampu mencegah bayi lahir cacat atau premature.

8.Menangkal radikal bebas

Manfaat jus alpukat ialah mampu menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai gangguan penyakit dan kesehatan. Mengonsumsi jus alpukat rutin juga dipercaya menghalangi penuaan dini.

9.Baik untuk tulang

Jus alpukat ternyata memiliki kandungan vitamin K dan zat kalsium yang tinggi. Kedua zat ini akan baik untuk kesehatan tulang kamu. Bahkan rutin meminum jus alpukat akan mencegah berbagai macam gangguan kesehatan tulang seperti osteoporosis dan pengapuran tulang. Tulang pun dapat tumbuh maksimal bagi masa pertumbuhan anak-anak.

10.Mengatur kandungan gula darah

Kandungan protein dan zat bermanfaat dalam alpukat memang banyak. Salah satunya zat fiber. Zat ini membantu penurunan berat badan. Hal ini disebabkan fiber sulit dicerna sehingga membuat rasa kenyang lebih lama. Selain itu, zat ini mampu mengatur kandungan gula darah. Bahkan dalam 100 gram alpukat ada 7 gram fiber.

Banyak sekali manfaat jus alpukat untuk kesehatan tubuh kita dan mengatur kandungan gula darah. Selain untuk kesehatan buah alpukat ternya bisa menjadi salah satu buah untuk program diet secara alami tanpa efek samping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here