Manfaat telur kampung mentah untuk ibu hamil – Ayam kampung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama adalah kesehatan ibu hamil.
Bagian telur ayam kampung yang memiliki banyak khasiat adalah pada bagian kuning telurnya.

Kuning telur pada ayam kampung sendiri memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, berikut merupakan beberapa kandungan gizi pada kuning telur ayam kampung.

Protein : 2,7 gram (43%)
Lemak : 4,5 gram (99%)
AA dan DHA : 94 mg (100%)
Kroten : 21 mcg (100%)
Kalsium : 21,9 mg (90,5%)
Magnesium : 0,85 mg (19,2%)
Zat Besi : 0,4 mg (93,8%)
Fosfor : 66,3 mg (93%)
Potasium : 18,5 mg (25,6%)
Sodium : 8,2 mg (13%)
Zinc : 0,4 mg (99,8%)
Tembaga : 0,013 mg (62%)
Mangan : 0,009 mg (69,2 mg)

Lalu, apakah manfaat telur kampung mentah untuk ibu hamil? Berikut adalah beberapa manfaatnya.

Baca juga : Cara merawat Wajah Agar terhindar dari Jerawat dan Komedo

Manfaat telur kampung mentah untuk ibu hamil

1. Untuk Memperlancar ASI

Meskipun belum melahirkan, ibu hamil memang disarankan untuk mengonsumsi makanan yang dapat memperlancar ASI. Kadar kolin yang terkandung dalam telur ayam kampung dapat membantu tubuh ibu hamil agar lebih banyak memproduksi sel darah putih dan pemperlancar ASI.

Bila bayi sudah lahir maka ibu hamil tidak akan terlalu lama menunggu air asi keluar, memang sebagian besar ibu hamil mengalami susah keluar asi ketika bayi baru lahir.

2. Membantu Perkembangan Syaraf Otak Pada Janin

Telur ayam kampung ternyata bermanfaat untuk membantu dalam perkembangan buah janin yang sedang dikandung, salah satunya adalah perkembangan syaraf otak pada bayi. Karena inilah ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi telur, terutama adalah bagian kuning telurnya.

3. Mencegah Terkena Penyakit Kanker.

Hormon esterogen yang dimiliki oleh ibu hamil akan menyebabkan beberapa efek buruk, diantaranya adalah kanker. Kanker ini sangat rentan menyerang ibu yang baru saja atau sudah melahirkan, kanker yang dapat ditimbulkan antara lain kanker payudara.

Dengan mengonsumsi telur ayam kampung maka dapat mencegah terjadinya kanker pada ibu yang baru melahirkan, ini karena kandungan kadar kolin dalam telur ayam kampung akan mencegah sel kanker berkembang.

4. Menambah Energi

Ibu hamil sangat rentan mengalami kelelahan, efek terburuk bila ibu hamil mengalami kelelahan adalah keguguran pada janin yang sedang dikandung.

Telur ayam kampung memiliki kandungan vitamin dan gizi yang cukup baik untuk menambah stamina dan energi, bila dikonsumsi oleh ibu hamil maka tidak mudah cepat lelah dan mengurangi resiko keguguran.

5. Mengatasi Depresi

Ibu hamil sangat rentan mengalami masalah depresi, ini terjadi karena kelebihan produksi hormon yang disebabkan oleh proses perkembangan janin di dalam perut.

Dengan mengonsumsi telur ayam kampung akan membuat produksi hormon tersebut dapat ditekan dan akan mengikat DNA yang menyebabkan depresi, bila ibu hamil menglami depresi maka dapat menyebabkan dampak yang buruk terhadap perkembangan janin yang tengah dikandung.

Baca juga : Cara menghilangkan minyak di Wajah

6. Mencegah Kecacatan Pada Bayi

Kurangnya asupan kolin pada ibu hamil dapat menyebabkan kecacatan pada janin yang dikandung, resiko kecacatan yang dapat disebabkan oleh kurangnya asupan kolin adalah 72% beresiko.

Kurangnya kolin dapat menyebabkan terjadinya penghambatan pada proses pembentukan tulang dan jaringan organ pada janin yang menyebabkan terjadinya kecacatan.

Untuk memenuhi kebutuhan kolin, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi telur ayam kanpung yang memiliki kandungan kolin yang cukup tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here